A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: Function create_function() is deprecated

Filename: controllers/Post.php

Line Number: 84

Backtrace:

File: /var/www/phinemo.com/html/apps/application/controllers/Post.php
Line: 84
Function: _error_handler

File: /var/www/phinemo.com/html/apps/application/controllers/Post.php
Line: 22
Function: autop

File: /var/www/phinemo.com/html/apps/index.php
Line: 315
Function: require_once

HOTEL-RESORTS


5 Hotel Bersejarah di Indonesia, Sudah Ada Sejak Masa Penjajahan!

Taufiqur Rohman — 23 March 2021

Pariwisata Indonesia tidak bisa terlepas dari jasa kolonial Hindia Belanda. Sejak terusan Suez dibuka, banyak kapal Eropa yang menuju ke wilayah nusantara untuk urusan perdagangan. Kemudian abad ke-19, sejumlah kapal pesiar menepi membawa turis-turis kulit putih yang hendak liburan. Memenuhi kebutuhan itu, Hindia Belanda membangun hotel-hotel di Pulau Jawa yang sekarang menjadi hotel bersejarah di Indonesia.

Awal sejarah pariwisata Indonesia oleh para ahli ditandai dengan dibangunnya hotel-hotel di Pulau Jawa. Tak banyak yang tahu, ternyata beberapa hotel kuno yang dibangun Hindia Belanda itu masih beroperasi hingga sekarang. Berikut ini disajikan ulasan hotel bersejarah di Indonesia.

1. Hotel Indonesia Kempinski

Baca juga: Hotel Indonesia Kempinski, Tempat Tinggal Raja dan Ratu Belanda


(kempinski.com)

Hotel ini merupakan akomodasi mewah bintang lima pertama di Indonesia dan menjadi gedung tertinggi di Jakarta. Hotel Indonesia Kempinski dibangun dari hasil rampasan perang Jepang. Diresmikan di tahun 1962 untuk hunian para atlet Asian Games IV. Pada tahun 2020 lalu, hotel ini menjadi tempat menginap Raja serta Ratu Belanda saat kunjungannya ke Indonesia. Mereka tidur di kamar terbaik dengan kaca anti peluru.

Pesan sekarang di Agoda dengan harga mulai dari Rp 2,98 juta per malam.

2. Hotel Majapahit Surabaya


(agoda.com)

Hotel Majapahit Surabaya menjadi saksi kepahlawanan Kota Surabaya, menjadi tempat terjadinya peristiwa perobekan warna biru pada bendera Belanda setelah gagalnya perundingan antara Jenderal Surabaya dan W.V.Ch. Ploegman. Hotel ini telah berdiri sejak tahun 1910 dibangun Sarkies Brothers dari Armenia, awalnya bernama Hotel Oranje pada masa Hindia Belanda, lalu berganti lahi jadi Hotel Yamato pada masa Jepang.

Pesan sekarang di Agoda dengan harga mulai dari Rp 985.125 per malam.

3. Royal Ambarukmo Yogyakarta

Baca juga: 5 Hotel di Yogyakarta dengan Panorama Gunung Merapi


(agoda.com)

Royal Ambarukmo terletak di Jalan Laksda Adisucipto Nomor 81, Depok, Yogyakarta. Hotel yang dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono V ini menjadi satu dari empat hotel pertama di Indonesia yang dipromosikan Presiden Soekarno sebagai hotel internasional pada 1966. Sebagai hotel mewah bintang lima, fasilitas yang disediakan di hotel ini sangat mewah, seperti golf, ruang permainan, poolside bar, serta banyak lagi lainnya.

Pesan sekarang di Agoda dengan harga mulai dari Rp 911.250 per malam.

4. Hotel Savoy Homann Bandung


(agoda.com)

Akomodasi ini terletak di Jalan Asia-Afrika Nomor 112, Bandung. Dahulu, Hotel Savoy Homann dimiliki oleh keluarga Homann yang terkenal oleh sajian rijsttafel buatan Ibu Homann. Pada tahun 1939, desain awal dari hotel ini adalah gelombang samudera bergaya art deco karya Albert Aalbers. Namanya berganti jadi Savoy Homann pada 1940 untuk menegaskan kebesarannya. Charlie Chaplin tercatat pernah menginap di sini.

Pesan sekarang di Agoda dengan harga mulai dari Rp 390.880 per malam.

5. Inna Bali Heritage Hotel

Baca juga: 5 Hotel Terbaik Dunia yang Ada di Indonesia, Langganan Artis Dunia


(agoda.com)

Inna Bali Heritage Hotel adalah akomodasi mewah pertama di Pulau Bali yang dibuka pada 22 Agustus 1927. Pada masa itu, banyak wisatawan asing yang mulai berdatangan ke Bali menggunakan kapal uap Koninklijke Paket-vaart Maatschappij. Hotel ini meruapakan akomodasi bintang tiga yang terletak di kawasan Denpasar. Fasilitasnya terbilang mewah, seperti taman, restoran, kolam renang, cafe, dan sebagainya.

Pesan sekarang di Agoda dengan harga mulai dari Rp 270.000 per malam.

Demikian adalah hotel bersejarah di Indonesia. Biaya sewa yang tertera dapat berubah tergantung pada high/low season waktu pemesanan, nilai inflasi, kebijakan pajak daerah, dan jumlah permintaan. Pemesanan saat low season lebih murah. Pastikan untuk selalu memeriksa kembali harga final sebelum mengonfirmasi pesanan.

Bagikan artikel ini :