A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: Function create_function() is deprecated

Filename: controllers/Post.php

Line Number: 84

Backtrace:

File: /var/www/phinemo.com/html/apps/application/controllers/Post.php
Line: 84
Function: _error_handler

File: /var/www/phinemo.com/html/apps/application/controllers/Post.php
Line: 22
Function: autop

File: /var/www/phinemo.com/html/apps/index.php
Line: 315
Function: require_once

HOTEL-RESORTS


Homestay Balkondes Karangrejo di Magelang Disebut Terbaik di Dunia

Taufiqur Rohman — 22 March 2021

Pada kunjungannya ke Magelang beberapa waktu lalu, Menparekraf Sandiaga Uno menyebut homestay di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Karangrejo, Kecamatan Borobudur sebagai salah satu yang terbaik dengan standar kelas dunia. Homestay Balkondes Karangrejo berada di bawah pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Terletak tak jauh dari destinasi wisata populer seperti Punthuk Setumbu (1,05 km), Bukit Rhema (1,2 km), dan Candi Borobudur (1,85 km).

Total terdapat 22 unit homestay yang terdiri atas tiga tipe, yaitu Single, Couple, dan Family. Sebanyak 20 unit berada di area Balkondes, sedangkan dua sisanya di dekat kantor desa. Gaya arsitektur yang diusung oleh homestay ini adalah Joglo, rumah tradisional khas Jawa yang didominasi material kayu. Sentuhan modern tampak di beberapa bagian. Semua unit di Homestay Balkondes Karangrejo memiliki standar khusus keseragaman dalam fasilitas.

Baca juga: Candi Borobudur Terletak di Magelang Bukan Jogja, Jangan Salah!

Homestay Balkondes Karangrejo
(travel.kompas.com)

Nuansa pedesaan di akomodasi ini terasa sangat kental. Lokasi unit homestay dikelilingi oleh persawahan hijau. Pengunjung juga dapat menikmati panorama alam Perbukitan Menoreh yang indah, membentang dari barat hingga ke timur. Tidak hanya menginap, banyak aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan di tempat ini, di antaranya keliling desa dan menyaksikan berbagai gelaran kesenian di pendopo atau panggung kesenian dengan desain terbuka. 

Fasilitas Homestay Balkondes Karangrejo

Homestay ini mendapatkan ulasan yang baik di berbagai aplikasi booking hotel. Setiap tipe dilengkapi dengan fasilitas setara hotel berbintang, yaitu AC, area tempat duduk, mesin pembuat teh/kopi, sandal, air mineral, balkon/teras, rak pakaian, TV satelit, dan kamar mandi pribadi dengan perlengkapannya. Setiap sudut homestay terhubung oleh akses internet gratis – WiFi. Terdapat restoran yang menghidangkan kuliner-kuliner tradisional yang khas dari Magelang.

Baca juga: 5 Hotel Eksklusif di Sekitar Candi Borobudur untuk Staycation Seru

Homestay Balkondes Karangrejo
(travel.kompas.com)

Pesan sekarang di Agoda dengan harga mulai dari Rp 500.000 per malam.

Fasilitas lainnya yaitu tempat pemancingan, pijat, taman, tur, penyewaan mobil dan sepeda, toko souvenir serta shuttle bandara. Setiap tipe homestay memiliki fasilitas hampir sama, yang membedakan hanya pada jumlah kamar. Tidak perlu khawatir kehabisan kamar, selain homestay di Balkondes yang dikelola Bumdes, terdapat juga homestay yang dikelola warga desa dengan mengadopsi standar Bumdes. Tarif menginap di homestay milik warga jauh lebih terjangkau.

Bagikan artikel ini :